Buku Cak Nur Islam Universal

buku cak nur, buku cak nur islam universal, islam universal, buku nurcholis madjid, nurcholis madjid
 Rp.65.000
Spesifikasi Keterangan
Judul Islam Universal
Penulis Nurcholish Madjid
Penerbit Pustaka Pelajar,2007
Tebal 342 halaman
Kondisi Baru
Harga Rp 65.000
Order 085 728 063 419 (tlpn/sms/WA)
082 213 229 219 (tlpn/sms)
Pin BB 579AB067

















| Buku Cak Nur; Islam Universal |

Islam di Indonesia identik dengan banyak sekali corak, baik dari aliran, paham maupun interpretasi dari masing-masing aliran dan paham tersebut, hal itu terjadi sedikit lebih karena Indonesia sendiri yang memang kaya akan budaya yang banyak diklaim banyak peneliti sebagai daerah yang paling multikultural di dunia. selain itu ditambah lagi faktor lain seperti derasnya arus globalisasi yang menyebabkan transfer budaya atau sering kita sebut difusi antar daerah satu dan ke daerah yang lainnya bahkan sampai level internasional semakin masif.
Secara umum aliran atau paham tentang Islam terbagi menjadi dua kelompok besar yang lahir dari perdebatan tentang Islam, yaitu kelompok skriptual-ideologis, pertama kelompok yang menghendaki menurut mereka keutuhan (kaffah), kelompok ini terwakili oleh kelompok fundamentalis (Islam gari keras). Kedua, kelompok kulturalis, yaitu kelompok yang memahami Islam lebih kontekstual dan menghendaki terjadinya integrasi antara ke-Islaman-an dan ke-Indonesiaan. kelompok yang banyak dikenal dengan gerakannya yang moderat dan toleran(kooperatif). salah satu tokoh yang lahir dari kelompok dan gerakan ini adalah Nurcholis Madjid, atau sering kita kenal dengan nama Cak Nur, seorang tokoh intelektual dan pembaharu Islam. Cak Nur adalah seorang intelektual Islam dengan latar belakang pendidikan barat yang dalam hal ini sangat mempengaruhi dalam memahami dan menginterpretasikan Islam, baik Islam sebagai sebuah agama ataupun yang lainnya. Cak Nur juga dikenal dengan sebagai guru bangsa yang banyak memberikan sumbangsih pemikirannya untuk kemajuan dan pertumbuhan bangsa, meskipun pemikiran dan gagasan Cak Nur kerap menuai kontroversi. sumbangsih Cak Nur sebagai seorang intelektual dan pembaharu Islam tidak hanya dalam bentuk pemikiran saja tapi beliau menuliskannya menjadi karya yang monumental yang banyak menjadi rujukan, sampai sekarang tulisan-tulisannya dianggap masih menjadi master piece dan relevan untuk dikaji.

salah satu karya Cak Nur berjudul “Islam Universal” yang ditulis bersama kawan-kawan, merupakan kumpulan artikel yang membahas berbagai diskursus dan interpretasi atas ajaran Islam dan ide nasional Indonesia secara komprehensif dan kritis. Sebagai seorang cendekiawan muslim  Indonesia yang lahir dengan model pendidikan modern Barat dan sekuler, bersamaan dengan  kondisi negara Indonesia yang sedang dalam masa peralihan kekuasaan, dari Orde Lama ke Orde Baru. Kehadirannya dapat dikatakan telah membawa misi pembaharuan pemikiran Islam Indonesia yang sebelumnya dikenal cukup konservatif.

Kehadiran Cak Nur lewat karya-karya dan pemikirannya yang liberal dan cenderung sekuler oleh banyak kalangan ulama salaf, dianggap sebagai bentuk perlawanan atas tradisi keilmuwan Islam Indonesia yang sudah mapan. Namun, tidak sedikit kalangan yang menaruh simpati atas karya-karyanya. Hal ini mengidentifikasikan adanya ruang demokrasi dalam persoalan interpretasi agama atau keyakinan di Indonesia.

Kelahiran buku setebal 342 halaman ini, setidaknya turut memperkaya tradisi keilmuan Islam Indonesia. Buku ini sangat layak untuk dibaca dan dikaji oleh siapa pun, baik dari kalangan akademis, agamis maupun kalangan awam. Dengan harapan, selanjutnya, dalam mengkaji buku ini kita akan mempunyai pemahaman baru tentang ajaran Islam yang lebih terbuka.

Buku Cak Nur; Islam Universal |
buku cak nur, buku cak nur islam universal, islam universal, buku nurcholis madjid, nurcholis madjid

Produk Kami Lainnya :

Posting Komentar

 
ibs(idblogsite)
Copyright © 2016. Mas Gusti Template Allright reserved.